LIP 4

Inovasi, Cara Jitu Bertahan Di Tengah Pandemi

Yaitu dengan menyesuaikan bidang bisnis pada isu yang tengah terjadi saat ini. Sebagai contoh, apabila kamu memiliki bisnis yang bergerak di bidang makanan, maka kamu bisa menyiasatinya dengan menjual beraneka ragam makanan siap masak untuk masyarakat yang tidak ingin ke luar rumah atau menyediakan jasa pesan antar. Presiden juga memberikan program Kartu Prakerja dengan complete penerima 5,6 juta orang dengan insentif sebesar Rp600 ribu perbulan selama 4 bulan. Tidak hanya itu, pemerintah juga memberikan bantuan khusus bahan pokok sembako untuk wilayah Jabodetabek senilai Rp600 ribu perbulannya selama 3 bulan. Selain hal-hal di atas, dr. Anandika juga menambahkan bahwa akan ada banyak perubahan akibat pandemi ini. “Pemandangan seperti kasir yang dibatasi dengan tirai plastik atau restoran dengan penutup plastik antarmeja, yang sebelumnya tidak ada, saat ini jadi pemandangan regular,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan webinar Ilmu Manajemen FBE UII 2020 yang diselenggarakan pada Kamis (6/8) yang bertajuk “Covid-19 dan Perubahan Perilaku Berbelanja“. Webinar ini menghadirkan para pakar bidang bisnis dan ekonomi yaitu Syafri Yuzal, S.E., MBA. Selaku Direktur Bisnis PT. Aino Indonesia, Hendy Mustiko Aji, BIBM., S.E., M.Sc.

Cara untuk bertahan hidup dalam masa pandemi

Swasono menyebut per 31 Maret jumlah nasabah aktif Pegadaian mencapai 9,68 juta orang, naik dari 9,fifty six juta per 29 Februari 2020. “Tidak banyak yang bisa kita lakukan sekarang, selain kita berjuang kembali untuk bisa pulih. Bersyukur pariwisata sudah mulai hidup lagi, jadi berharap harga jual ikan akan kembali pulih karena pasokannya sudah jelas akan ke mana,” tegas dia. Pernyatan pria forty tahun itu langsung diamini oleh temannya sesama nelayan yang duduk di sampingnya. Usman, nama pria tersebut langsung melanjutkan dengan menyebut bahwa dia dan teman-temannya sesama nelayan sama sekali tidak kekurangan ikan selama masa pandemi berlangsung.

Oleh karena itu, para tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, apoteker hingga karyawan pusat kesehatan berada di garda terdepan untuk menjamin kesehatan masyarakat, terlebih ditengah pandemi covid 19 terjadi di berbagai belahan dunia seperti saat ini. Berbagai latar berlakang tersebut menjadi alasan yang membuat bisnis kesehatan baik jasa layanan kesehatan maupun obat-obatan termasuk salah satu yang bertahan di masa pandemi ini. Usaha-usaha yang bergerak di bidang kesehatan seperti penyedia/penjual masker, handsinitizer, multivitamin dan jamu herbal merupakan salah satu usaha yang permintaannya meningkat di tengah pandemi ini. Pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM memang harus beradaptasi dengan kondisi saat ini untuk mempertahankan usahanya dan untuk bertahan hidup di masa pandemi Covid-19. Para pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM harus benar-benar mencari strategi yang pas untuk mempertahankan usahanya dan untuk bertahan hidup di masa pandemi Covid-19.

Berikutnya dalam situasi kedua di mana vaksin telah ditemukan tapi belum didistribusikan sepenuhnya dan tujuan nasional berfokus untuk mulai mengembangkan ekonomi, terdapat beberapa kebijakan yang dapat diberlakukan. Kebijakan yang diberlakukan mulai bersifat ekspansif untuk kembali menstimulus perekonomian nasional. Masa transisi ini justru menjadi masa yang krusial karena masyarakat harus siap dalam menyambut tatanan sosial ekonomi yang akan segera kembali normal Slot Game Online. Pada masa ini, ketergantungan terhadap pemerintah perlu dikurangi dan bantuan yang diberikan pun dapat lebih berfokus pada manfaat jangka panjang. Terdapat beberapa bidang bisnis yang kehilangan pelanggan akibat pemberlakuan PSBB guna menekan penyebaran virus di kalangan masyarakat.