Cara agar anak mau makan sayur

Anak Tidak Suka Sayur, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Selain itu, Ibu bisa mengajak si Kecil membersihkan wortel, mencuci kacang, sampai menyiapkan sayuran tersebut di meja untuk makan malam. Itu akan membuat si Kecil bangga dan lebih tertarik untuk makan sayuran dan buah-buahan. Kali ini Popmama.com telah merangkum suggestions agar anak mau makan sayur yang bisa Mama coba terapkan. Agar anak suka makan sayur, maka Anda harus membiasakan mereka untuk makan sayur sejak kecil, tepatnya saat mereka sudah mulai mengonsumsi MPASI. Sebagai bentuk penghargaan dan untuk menyemangati anak, jangan lupa berikan pujian setiap kali anak sudah mengonsumsi sayur.

Maka itu kita sebagai orang tua yang harus pandai memilah menu. Selain plating yang menarik, bisa juga diakali dengan resep-resep makanan yang mengandung sayuran. Kebanyakan anak tidak suka makanan yang di kombinasi kan dengan sayuran lainnya, jadi cobalah untuk menempatkan dua atau tiga jenis sayuran dalam piring terpisah. Melalui ini, Anda juga bisa memperkenalkan dia pada jenis sayuran.

Anda juga bisa memanfaatkan buku cerita untuk membuat anak doyan makan sayur. Pilih yang bergambar menarik dan mengangkat kisah tentang sayur-sayuran. Misalnya tentang anak yang suka sayur atau justru menjadikan sayuran sebagai tokoh utamanya.

Brokoli bisa mengintimidasi seorang anak yang lebih suka makarani atau keju. Potong-potong buah lalu celupkan ke dalam saus yang terbuat dari cokelat cair, selai kacang, atau yoghurt. Anda juga dapat membuat sate dari potongan buah tersebut, kemudian siram dengan saus, sehingga bentuknya menjadi menarik untuk dilihat.

Foto yang dihasilkan, menurut pengguna internet, artistik sekaligus amat menggemaskan. Makanan fermentasi ini mengandung ratusan juta organisme probiotik yang berfungsi memberikan kekuatan untuk bakteri baik dalam tubuh. Bukan hanya itu, yogurt juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mengurangi risiko serangan kanker. Bahkan, jika diberikan pada anak sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Menakuti Anak anda dengan konsekuensi memakan sayur hanya akan memperburuk gambaran sayur dalam memori mereka.

Makanan nabati membantu membentuk mikrobioma usus yang sehat. Serat dalam makanan nabati mendorong pertumbuhan bakteri “ramah” dalam usus kita. Tomat paling bagus dimakan langsung supaya tubuh lebih mudah menyerap lycopene yang ada dalam tomat. Konsumsi 8 tomat merah setiap hari untuk merasakan khasiatnya.

Bahkan, hal ini bisa dilakukan sejak berbelanja ke supermarket. Biarkan mereka memilih apa yang ingin dimakan, termasuk mengajak mereka ikut sibuk di dapur. Selain itu anda juga bisa mengikutsertakan anak makan bersama keluarga.

Cara agar anak mau makan sayur

Terakhir dan yang tidak kalah penting, jangan bedakan makanan yang dikonsumsi oleh si Kecil dengan Mums dan Dads. Jika Mums ingin ia makan sayur dan buah, maka Mums dan Dads juga harus makan sayur dan buah, ya. Semoga tips di atas bisa bantu Ibu memutuskan enaknya masak apa ya besok supaya anak mau makan sayur, ya. Cobalah untuk mengajak anak-anak untuk membuat hidup atau hidup warung apotek di halaman rumah. Ada kemungkinan mereka dengan senang hati mencoba makanan dari hasil kerja keras mereka. Anda juga dapat mengundang mereka untuk perkebunan sayuran di daerah agrowisata, atau dekat dengan tempat tinggal Anda.

Tidak dimakan secara langsung tapi diolah menjadi salad sayur. Makan sayur mentah justru bisa mendapatkan manfaat nutrisi yang lebih bila dibandingkan yang telah diolah atau dimasak. Untuk menciptakan rasa lezat, bisa tambahkan topping saus mayones dan saus pedas. Bila anak bosan dengan makan sup, Ibu bisa membuat variasi sup. Misalnya, dengan membuat sup yang isinya sayuran berbentuk alphabet, sup jagung dipadukan dengan whip cream khusus untuk makan pagi mereka.