Cara agar anak mau makan sayur

10 Rekomendasi Vitamin Terbaik Untuk Anak Susah Makan

Biarkan Si Kecil makan sendiri dan berikan makanan yang mudah dipegang dan dimasukkan ke dalam mulutnya. Buatlah jadwal makan yang tetap, yaitu 3 kali waktu makan utama dan 2 kali makan camilan setiap hari, serta batasi waktu sekitar 30 menit untuk setiap waktu makan. Anak-anak sangat suka bermain dengan berandai-andai menjadi sesuatu. Carrot cake, pumpkin muffin hingga zucchini bread dapat Anda buat.

Dengan dilibatkan sepenuhnya dalam persiapan makan, si Kecil akan merasa dihargai dan bersemangat. Lebih baik lagi jika mengajar mereka dengan memberikan berbagai varian buah dan sayur. Ini penting dilakukan agar tahu bahwa buah dan sayur memiliki banyak rasa. Dengan makan bersama anak, orangtua memberi contoh yang akan ditiru oleh anaknya. Biarkan anak makan dengan santai dan pindah tempat makan jika anak bosan makan di tempat yang sama setiap harinya.

Gunakan perlengkapan makan dengan gambar dan warna menarik atau yang ia sukai. Untuk balita, mengonsumsi makanan padat adalah hal atau kemampuan yang baru bisa ia lakukan. Oleh karena itu, diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan ragam warna, rasa, dan tekstur makanan.

Selain itu, tablet kunyah yang kenyal ini pun memiliki rasa citrus yang bakal membuat si kecil merasa segar. Selain itu, Anda pun tidak perlu meragukan kandungan vitamin di dalam produk ini. Dilengkapi dengan sepuluh vitamin dan mineral kalsium, suplemen ini akan efektif meningkatkan nafsu makan anak sekaligus mendukung tumbuh kembangnya.

Cara agar anak mau makan buah

Kegiatan memasak bisa jadi aktivitas menyenangkan bersama si kecil. Selain mendapat pengetahuan soal sayur dan buah, mengolah sendiri buah dan sayur juga bisa membuat si kecil lebih antusias mengonsumsi buah dan sayur. Buah secara alami rendah kalori, tinggi serat, dan sarat dengan vitamin dan mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat. Jika anak Bunda mengalami sembelit, obatnya mungkin ada di dalam buah. Jika Mama mengharapkan agar anak mau mengonsumsi sayur dan buah, maka Mama pun harus sering mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Moms bisa ganti dengan camilan yang lebih sehat untuk anak. “Orangtua bisa menghaluskan sayur dan menyembunyikannya pada saus atau jenis masakan tertentu”, tambah Antje Dahl dari DGE. Oatmeal atau havermut adalah sejenis bubur sereal yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung karena mengandung gandum yang sarat karbohidrat. Di dalam ‘oat’ juga terkandung protein yang menstabilkan otot-otot tubuh dan sumber energi.

Anak-anak biasanya menunjukan reaksi berbeda pada setiap makanan baru yang ditemuinya. Beberapa anak mungkin akan memberikan reaksi yang cepat seperti menyentuh, mencium, dan langsung mencobanya. Namun beberapa anak lainnya mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencobanya. Bila dibiarkan secara terus menerus, hal ini bisa membuat anak merasa cemas dan frustasi dengan aktivitas makan. Mereka juga bisa menjadi kurang peka terhadap rasa lapar dan kenyang.

Mengatasi anak tidak mau makan nasibisa jadi penuh tantangan ya, Bunda. Satu hal yang penting, Si Kecil perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup secara seimbang. Pastikan Bunda memilih susu pertumbuhan yang sesuai dengan tahapan usia Si Kecil. Jadi, jangan lupa mengecek label kemasan terlebih dahulu, ya.