Tips & Trik Jadi Mahasiswa Cumlaude!

Mungkin beberapa dari kalian dengan membaca menganggap biasa-biasa saja, tapi untuk diri saya karakter itu adalah wujud pencapaian dan prestise atas usaha. Kita berharap orangtua dengan memiliki anak secara kebutuhan khusus target membuka diri, tidak justru ditutup susukan bagi anaknya. Tiada yang tidak indah yang diciptakan Yang mahakuasa, kita harus mengakui itu, ” memungkasi Edi Sumarwanto, empek Althaf. Di bangku perkuliahan, Althaf luang kesulitan menyerap peralatan dari dosen sebab ia merupakan difabel tuna rungu dengan mengandalkan gerak bingkai untuk menangkap pengetahuan, bukan dengan norma isyarat. Tapi, sandaran rekan-rekan dari UKM Peduli Difabel UGM membuatnya bisa menetap hingga akhirnya makbul menyelesaikan ujian pendadaran pada bulan September 2019 lalu.

Sejak SMA dia sudah terlibat aktif dalam beberapa organisasi dan sering diamanahkan menjadi pemimpin dalam tim. Begitupun saat menjadi mahasiswa, Rahman aktif mengikuti berbagai kegiatan kampus dan organisasi di kampus. Dia juga mendirikan Komunitas Anak Pelangi sebagai wadah belajar dan pengembangan bagi anak-anak kurang mampu yang sudah berjalan sembilan tahun. Betul saja, pencariannya berakhir di Universitas Pancasakti Prodi Ilmu Pemerintahan, jurusan yang menurutnya sejalan dengan apa yang digeluti sehari-hari. Baru- baru ini, Rahman berhasil menyelesaikan gelar sarjananya dengan Predikat Cumlaude dan terpilih menjadi lulusan terbaik. Di semester awal, biasanya dosen akan memberikan kontrak belajar bisa itu secara lisan atau tertulis untuk menjelaskan persentase nilai yang memengaruhi predikat cumlaude kamu.

Meskipun nilai tidak menjadi tujuan utama perkuliahan, tapi tidak ada salahnya bukan mengejar prestasi akademik? Karena untuk mendapatkan prestasi, teman-teman harus melakukannya dengan penuh perjuangan. Jadi semisal nilai IPK teman-teman sempurna (4. 00), tapi tahu mengulang satu pacar kuliah, maka sohib2 tidak bisa jadi predikat gelar keluhuran latin ini. Masa ini, selepas lulus dibanding jenjang Strata 1, Althaf berniat melanjutkan pendidikan ke tahap lanjutan.

Mahasiswa cumlaude

Yang bukan kalah diperlukan, ia berusaha merajut komunikasi dengan faksi universitas, baik UPBJJ-UT Jakarta maupun Agenda Pasca Sarjana dalam UT Pondok Cili. ’Saya sangat besar kepala dan berterima sayang terhadap Bapak/Ibu dalam UPBJJ-UT Jakarta, Agenda Pasca Sarjana UT Pondok Cabe, dan para dosen pengasuh yang sangat jumlah membantu dan melepaskan motivasi serta pemecahan atas kendala-kendala dengan saya hadapi. Sekali lalu tersenyum, Deo mengantarkan beberapa pesan buat mahasiswa ITB yang lain.

Para Dosen yang dianggapnya tidak hanya sekedar menjadi guru namun juga bisa mengayomi, memberikan motivasi dan bersedia menerima konsultasi diluar jam pelajaran membuatnya bersyukur dapat berkuliah di Kampus ABM. Harapan Tya disambut baik Herman HN, yang akan membantu Tya melanjutkan pendidikan sampai S2, sehingga nantinya bisa menjadi dosen di UIN Raden Intan Lampung dan mencerdaskan anak-anak Bandarlampung. Mahasiswi Fakultas Hukum Ekonomi Syariah UIN Angkatan 2015 itu berharap, wali kota dapat meneruskan program biling tersebut agar banyak membantu masyarakat tingkat bawah. “Tya sengaja datang ke sini ingin bertemu pak wali kota, untuk mengucapkan terima kasih.

Ketika wisuda, setiap penuntut dapat menunjukan penampilan akademik yang sudah dicapai. Masing-masing wisudawan dipanggil ke menempel untuk menerima turunan ijazah dan bersalaman dengan dekan serta rektor sambil disebutkan predikat kelulusannya. Tersebut yang memiliki penampilan dengan predikat cumlaude juga diberi tempat selempang bertuliskan cumlaude. Selempang tersebut sebagai promosi sekaligus penanda bahwa yang menggunakan selempang adalah penuntut berprestasi. Saat tersebut dipanggil ke menempel, semua hadirin bakal mengetahui bahwa dia adalah mahasiswa berpredikat cumlaude. Natasya Lucky dari program tafahus Akuntansi, Fakultas Per-ekonomian dan Bisnis memikat IPK tertinggi di dalam program sarjana kualitas internasional, dengan rengkuhan IPK 3, 98.