Prestasi

Bandung, Students Tel-U –Lulus dengan nama Cumlaude merupakan hasrat mahasiswa yang padahal mengenyam pendidikannya. Pada Telkom University, tamatan dengan predikat cumlaude akan mendapat perlakuan yang lebih ‘istimewa’. Umumnya, para wisudawan hanya akan dipanggil namanya satu persatu untuk maju di depan dan nampi sertifikat kelulusan. Tidak sama dengan lulusan cumlaude, pada saat namanya dipanggil, pada permadani LCD besar nun ada di TUCH akan menampilkan identitas, foto, serta IPK yang diraih sepanjang mengenyam pendidikan pada Tel-U. Lalu, tamatan cumlaude dipersilakan guna menghampiri orangtuanya guna memberikan karangan sekar. Tak hanya ini, predikat cumlaude saja akan tercetak beserta apik pada Tembusan Kelulusan.

Wisuda Periode I Tahun 2017/2018 melantik sebanyak 804 wisudawan, yang terdiri dari jenjang pascasarjana, sarjana dan diploma. Wisudawan tersebut terdiri dari 3 program doktoral, 43 wisudawan program magister, 528 wisudawan program sarjana, 218 program diploma empat dan 12 wisudawan program diploma tiga. Tahun ini UGM mewisuda 1. 458 lulusan sarjana dengan lama studi rata-rata 4 tahun 8 bulan. Waktu studi tersingkat diraih Manda Firmansyah dari Fakultas Psikologi yang lulus dalam waktu 3 tahun 1 bulan. Buah hati pasangan Kateni dan almarhumah Sunarti ini memiliki keinginan kuat untuk kuliah meskipun orangtua tidak dapat membiayainya.

Mufidah merupakan penuntut dari program tafahus Ilmu Manajemen, yang sudah berusia 52 tahun. Sementara pada tahap sarjana, peraih IPK tertinggi adalah Indri Ustamar dari agenda studi Administrasi Awam, Fakultas Ilmu Supel dan Ilmu Ketatanegaraan, yang lulus beserta IPK 3, 92. JAKARTA – Universitas Nasional menggelar Kolokium Terbuka Senat Tempo I Tahun 2017/2018.

Mahasiswa cumlaude

Anggaplah IP-mu disemester-semester awal adalah fondasi untuk semester berikutnya. Tentu kamu tahu, fondasi yang kokoh dapat menopang bangunan yang tinggi. Jadi kalau kamu pengen IPK 4, 00 maka perjuangkan sejak awal-awal semester perkuliahan. Pendidikan bisa merubah kita dari kondisi yang sekarang, ”ucap alumnus SMA Negeri 1 Sumbawa Besar. Ahmad masih ingat betul perkataan ayahnya yang selalu menekankan pentingnya pendidikan. Pendidikan dimata sang ayah merupakan jalan yang dapat mengubah kondisi seseorang.

Predikat cum laude dan wisudawan terbaik diraih Novi Jayanti SE dengan IPK 3, 80 dari Fakultas Ekonomi program Study Ekonomi Pembangunan. Selanjutnya Rahmawati SE dengan IPK 3, 78 dan Annisa SE dengan IPK 3, 71. Rupanya, di balik foto tersebut ada kisah yang begitu membekas. Sebelum masuk perguruan tinggi, sang wisudawan dalam foto itu pernah dikatakan salah satu gurunya, bahwa dirinya mustahil bisa masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu, kelulusannya dengan predikat cumlaude ia dedikasikan untuk sang guru tersebut.

Membaca akan menambah wawasan kita, sehingga ketika dosen menyampaikan materi kita sudah memiliki gambaran akan materi tersebut. Dengan membaca pula, kita dapat menyampaikan argumen yang baik (tidak sekedar asbun/asal bunyi). Olehnya itu, jika kalian ingin nilai yang baik, maka perluaslah wawasan kalian dengan banyak membaca. Usahakan memberikan target pada diri sendiri misalkan wajib membaca 10. 000 kata per hari.