Mengelola Keuangan Untuk Anak Menjadi Cerdas Finansial

Seluruh detail webinar dan ketentuan pendaftaran dapat dilihat di sini atau kunjungi media sosial resmi OVO. Salah satu pengguna setia OVO bernama Fariha Mariroh menceritakan testimoninya menggunakan OVO | Invest. Fariha duga beberapa kali berinvestasi di OVO | Invest sejak simpulan Januari 2021 kemudian dengan tujuan buat menabung dan menempatkan biaya tak terduga. Artinya, belum jumlah masyarakat yang teredukasi soal keuangan, dikategorikan investasi. Hal itu terbukti dari nilai literasi di tempat pasar modal dengan sangat rendah yaitu hanya 1, 7 persen. Setiap instrumen investasi tersebut pastinya memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri yang harus dipelajari oleh investor pemula.

Atur dengan baik agar tidak menjadi “lebih besar pasak daripada tiang” alias terlalu besar pengeluaran dibandingkan pemasukan. Namun apabila kenyataannya pengeluaranmu lebih besar, kamu bisa pangkas biaya pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu penting. Gaya hidup yang konsumtif dan hedonis memaksa kita untuk selalu tampil sempurna. Untuk menghindarinya, kamu perlu membuat list bermacam-macam jenis kebutuhan nun benar-benar kamu butuhkan selama satu kalendar.

Penginstruksi kami hanya bakal menghubungi Anda kalau utang Anda menerima syarat tersebut. Kalau Anda memang punya pos untuk membalas cicilan utang di setiap bulan seperti kedudukan di atas, tentunya hal ini mesti diprioritaskan. Pastikan guna membayar utang berdasar pada teratur setiap kalendar agar Anda bukan tertunggak dan berlanggaran pada buruknya iDebt SLIK OJK Dikau.

Belajar mengelola uang

Mengambil buku adalah sesuatu yang tidak mampu dihindari oleh penuntut. Agar kamu mampu menghemat sekaligus positif wali, carilah lektur bekas yang pembawaan dan isinya kolektif bagusnya. Ini saja berlaku buat engkau yang suka mempergunakan jasa ojek on line, baik untuk transportasi atau delivery persembahan. Jika ada faksi harga untuk pemesanan minimal tertentu, mengajak teman-temanmu untuk order makanan bersama supaya kamu bisa menghemat uang jajan. Sepatutnya kamu menghindari utang sejak mahasiswa supaya tidak terbiasa sampai nanti sudah hidup.

Bukan hanya itu, biaya pendidikan dan kesehatan juga semakin menjulang tinggi. Ini menuntut kita untuk memiliki sumber pendapatan lainnya, karena penghasilan yang didapat dari bekerja di kantor mungkin sudah tidak dapat menutupi segala kebutuhan yang ada. Justru sebaliknya, ketika anda inginkan masa depan yang berkelimpahan, anda harus mulai sekarang juga. Semakin cepat anda mulai alokasikan uang anda dengan baik, semakin cepat juga anda bisa raih kebebasan finansial anda.

Acara diskusi dan seminar ini juga terlaksana atas dukungan dari Bank BJB dan Hotel Moxy. Di tempat terpisah, General Manager Hotel Moxy Bandung I Wayan Raksa menyebutkan, gelaran workshop ini merupakan acara baik untuk pengusaha di Bandung agar lebih melek finansial. “Awal saya bikin usaha pun seperti itu. Pembukuannya masih sangat sederhana. Tapi, makin ke sini ya memang perlu sistem untuk membuat pembukuan ini jadi lebih mendetail lagi, ” ujar Winny. Dalam diskusi tersebut banyak hal yang menjadi catatan penting untuk para pengusaha kreatif dalam aspek manajemen keuangan.