Langkah awal membuka bisnis

Kisah Si “ratu Aspal” Menjadi Tulang Punggung Keluarga

#Pejuang kebaikan, maukah kamu bantu kesulitan Retno yang sedang berjuang untuk ayah, adik dan kuliahnya? Sedekah terbaikmu akan memberikan kehidupannya lebih layak bagi Keluarga Retno. Dia telah ditinggalkan sesosok perempuan hebat itu sejak 12 tahun silam. Dia mengatakan sosok ibu yang dikenalnya adalah sosok pahlawan yang memberikan semangat dan motivasi untuk bangkit. Orangtua dan para ipar hendaknya juga harus bisa menempatkan diri dengan status baru si pemasok bantuan yang kini sudah menikah. Pahami bahwa ia harus membatasi diri dan menetapkan mana yang perlu dibantu.

Mengatur prioritas keuangan semakin penting dilakukan mereka yang menanggung orang tuanya. Kalau Anda berada di posisi ini, selalu prioritaskan biaya kesehatan di pos pengeluaran Anda. Contohnya, kebutuhan biaya berobat untuk orangtua atau kalau Anda sendiri mendadak sakit. Sebelum suaminya wafat, Popon telah memulai usaha kecil-kecilan untuk membantu suami yang berprofesi sebagai supir taksi. Setelah suaminya meninggal ia bisa menafkahi lima anaknya dari usaha yang ia geluti itu. Untuk Sahabat ketahui, bahwa Ibu Omah merupakan tulang punggung keluarga bagi 2 orang anak dan suaminya.

Meskipun begitu ia tak pernah merasa putus asa apalagi kehilangan pijakan untuk terus melanjutkan keseharian menafkahi keluarga walau hanya seorang diri. Tak hanya itu, ia juga harus menggantikan posisi Uje dengan menjadi tulang punggung keluarga dan membiayai hidup buah hatinya. Harapan Ibu Farida pun tak muluk-muluk, ia berharap dia dan suaminya sehat. Ibu Farida berharap agar tetap sehat untuk bisa bekerja untuk menyambung hidup dan membantu suaminya. “Harus sabar demi keluarga, demi suami saya yang sakit dan demi menyambung hidup,” ujar Ibu Farida.

Menjadi tulang punggung bagi keluarga

“Hampir seluruh Aceh banyak masyarakat yang layak kita bantu, mereka yang berpenghasilan kurang dan kehidupan yang tidak layak,” katanya. Sejak dirinya sakit, Nuraini hanya mengandalkan penghasilan dari putra sulungnya yang bekerja berjualan di kedai orang. Pasalnya, saat ini selain infeksi paru, dia juga mengalami luka-luka di dalam organ tubuhnya .

Dalam prosesnya, Uni Liza memungut payment berdasarkan jumlah transaksi yang dilakukan. Untuk setor tunai Rp1 juta–Rp3 juta ia mengenakan biaya admin sebesar Rp8.000, Rp6 juta–Rp9 juta sebesar Rp20.000, dan transaksi hingga Rp30 juta Rp55.000. Sejak usahanya dikenal masyarakat, transaksi keuangan melalui Agen BRILink yang dijalankan Uni Liza terus melesat. Maret 2020 lalu saja Uni Liza berhasil membukukan transaksi hingga Rp1,9 miliar dari 908 transaksi dalam 30 hari.

Sebagai seorang ibu dan juga istri, ia tidak  meninggalkan kewajibannya mengurus rumah tangga. Melansir laman flourishwealthmanagement.com, perempuan pencari nafkah umumnya menginvestasikan waktu, usaha, dan pendidikannya untuk pekerjaan yang bermakna atau pekerjaan yang sesuai dengan bakat yang dimiliki. Perempuan Judi Online tulang punggung keluarga tahu cara mengembangkan kemampuannya. Hal ini pun senantiasa memotivasinya untuk terus memelajari hal-hal baru untuk mengoptimalkan potensi dirinya. Kedua, karena penghasilan istri yang lebih dominan sehingga sebagian besar kebutuhan keluarga harus ditutup dari penghasilannya.

Saya melihat adik saya menggantungkan hidupnya dari penghasilan nge-Grab. Sejak ayah saya meninggal, ibu saya ikut tinggal bersama saya dan menjadi tanggung jawab saya. Saya harus bisa mencari pekerjaan yang bisa menghidupi kami semua. Menjadi sosok pencari nafkah utama dalam keluarga memang tidak mudah. Itulah sebabnya seorang tulang punggung keluarga merupakan pribadi yang patut mendapat acungan jempol. Kalau Anda sedang berada dalam posisi tersebut, pasti Anda giat bekerja atau berbisnis demi menjamin kesejahteraan keluarga.

Dia menerangkan, anak laki-lakinya tidak bisa bekerja karena cacat permanen. “Sampai saat ini keponakan bersama cucu masih belum bekerja karena masih kecil. Enja mengaku sebagai satu-satunya orang yang bisa menghasilkan uang dari kedelapan anggota keluarga itu. Mulai pagi hingga malam ada saja yang datang untuk meminta pijat. “Karena sudah langganan banyak, saya selalu melayani dengan baik.