Cara agar anak mau makan sayur

Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makan Sayur

Itu karena kacang hitam mengandung anthosianin, antioksidan, rendah kalori dan bebas lemak jenuh. Mengkonsumsi 8 gram kacang hitam setiap hari tentu akan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Oatmeal atau havermut adalah sejenis bubur sereal yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung karena mengandung gandum yang sarat karbohidrat. Di dalam ‘oat’ juga terkandung protein yang menstabilkan otot-otot tubuh dan sumber energi.

Karena tidak doyan, banyak orang tua kemudian memilih suplemen untuk menambah asupan vitamin sebagai pengganti sayur. Banyak asupan vitamin dari buah dan sayuran yang penting untuk pertumbuhan buah hati. Pasalnya, jika anak ikut membantu menyiapkan sayuran untuk menu makan nanti, kecil kemungkinan anak menolak untuk memakan sayuran yang telah disiapkannya. Sudah menjadi rahasia umum, anak-anak akan meniru apa yang orang tua kerjakan. Dengan memberi contoh makan sayur, si kecil juga akan terpanggil untuk melakukan hal yang sama. Setelah itu, Moms akan lebih mudah untuk mengajaknya makan sayur.

Semakin dipaksa, biasanya semakin kecil pula kemungkinan anak mau memakan sayurannya. Jadi, Ibu bisa melakukan pendekatan dengan cara lebih halus. Misalnya, bertanya langsung, “Adik, enaknya masak apa ya besok ? Dengan begitu, anak dapat memilih sendiri sayuran dan lauk lain yang akan dimakan.

Cara agar anak mau makan sayur

Yuk, intip resep masakan praktis dan enak, Keripik Bayam Kriuk, untuk teman makan nasi maupun camilan keluarga saat nonton tv. Namun, pastikan Anda jangan membanding-bandingkan anak Anda dengan temannya. Merekomendasikan sayuran yang sama dengan cara yang berbeda. Hal ini mungkin terdengar aneh atau terlalu rumit, namun pada kenyataannya, pemotongan sayuran dapat membuat perbedaan besar pada anak-anak. Jika dia tidak menyentuh wortel nya dipotong panjang, berusaha untuk membentuk potongan-potongan bulat seperti coin. Atau mungkin dia lebih suka dengan kacang panjang dipotong miring dari biasanya.

Cara agar anak doyan makan sayur dan buah bisa diterapkan di langkah keenam ini. Cobalah dengan memberikan hadiah untuk satu gigitan sayuran dan buah-buahan yang sebelumnya tidak ia suka. Kelak, ia akan menganggap sayuran tersebut adalah makanan yang sehat, dan hadiahnya berkaitan dengan sesuatu yang baik. Menurut dokter dari RS Evasari , Frieda Handayani Kawanto, bahwa ada beberapa faktor yang bisa membuat si kecil menolak makan sayur dan buah. Kebanyakan dari buah dan sayur memiliki tekstur keras dengan rasa yang cenderung hambar sehingga mungkin tidak menarik untuk anak-anak kecil. Sehingga Anda bisa mengolah sayur atau pun buah menjadi bentuk makanan yang lain.

Setumpuk sayuran/brokoli tidak akan membuat balita tertarik. Tapi mungkin matanya akan bersinar jika ia melihat “pohon brokoli” kreasi Anda. Sementara itu, Anda juga dapat menghidangkan sayuran tumis untuk anak-anak, dan kemudian mengajar mereka bagaimana menggunakan sumpit. 4/ Buat sendiri saus sayuran, yaitu campuran selada, tomat, dan sedikit keju untuk nachos favoritnya.

Namun, hindari pemberian hadiah yang kurang bermanfaat apalagi jika itu makanan tidak sehat. Sama sajamom mengizinkan si kecil untuk kembali meninggalkan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat. Contoh hadiah yang bisa diberikan ke anak adalah pemberian izin untuk menonton kartun favoritnya. Pada teknik ini, Si Kecil diberi semangat makan sayur dengan iming–iming hadiah di akhir. Saat ia mau makan sayur, berikan 1 stiker yang nantinya dapat ditukar dengan hadiah, setelah terkumpul beberapa stiker.