Cara orang tua dan anak berkomunikasi dengan baik

Bunda, Ini Eight Cara Menjaga Kesehatan Gigi Bayi

Ya Moms, Anda harus merawatnya sejak giginya belum tumbuh atau bahkan sejak bayi baru lahir. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja gigi berlubang. Anak membutuhkanfluorideuntuk membantu gigi mereka tumbuh kuat dan terhindari dari kerusakan gigi. Dengan begitu Si Kecil akan terbiasa kedepannya untuk senantiasa menjaga kesehatan giginya.

Anak-anak usia sekolah umumnya menyukai jajanan, apalagi saat mereka sedang di sekolah dan bersama teman-temannya. Jajanan yang disukai anak-anak pun umumnya camilan manis yang mengandung banyak gula. Dokter spesialis gigi anak konsultan dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran , Eriska Riyanti mengingatkan para ibu memilih dot yang tepat. Dengan memilih dot yang tepat bisa menyesuaikan dengan kemampuan menghisap bayi. Setelah itu, berkumurlah dengan air supaya sisa lemon bisa hilang.

Selain itu, dengan diet yang ketat jumlah makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi dapat dibatasi konsumsinya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan gigi anak disikat minimal 2 kali dalam sehari dan menggunakan pasta gigi berbahan fluoride. Tidak memakan banyak waktu, tidak sakit, dan lebih murah daripada mengobati penyakit gigi. Tidak merokok, tidak terlalu sering minum kopi dan teh, perbanyak minum air putih dan perbanyak mengunyah makanan berserat adalah cara-cara untuk meningkatkan produksi dan kualitas air liur anda. Gigi berlubang dapat menyebabkan rasa yang mengganggu, mulai dari terselip makanan, bau mulut tak sedap, rasa ngilu pada gigi, rasa sakit berdenyut, hingga bengkak pada gusi atau pipi.

Yang tidak kalah penting, ajarkan anak untuk rutin periksa gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali. Jadi, jangan menunggu sampai anak merasakan sakit gigi dahulu baru Anda mengajaknya ke dokter gigi. Ingat, semakin dini masalah gigi dan mulut terdeteksi, maka pengobatannya pun semakin mudah. Hal ini juga dapat mencegah kerusakan gigi yang lebih parah lagi di kemudian hari.

Cara menjaga kebersihan gigi anak

Tak perlu banyak-banyak memakai pasta gigi, cukup di ujung sikat, sebesar kacang polong. Menurut American Academy of Pediatrics, waktu terbaik untuk membersihkan gigi Si Kecil adalah setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Makanan yang mengandung asam dan gula dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Gula dapat menjadi asam di gigi yang mampu mengikis lapisan permukaan gigi dan menyebabkan lubang di gigi.