Apa Itu Cumlaude Vs Summa Cumlaude Vs Magna Cumlaude?

Seringkali penghargaan dengan diterima begitu relevan dengan bidang uraian utama mereka. Bahwa ingin menyampaikan dalih berbobot di famili, atau menulis makalah yang keren, kamu wajib banyak baca. Buku-buku terbaru atau karya tokoh ternama dibidangmu, jurnal penelitian, hingga berita dan perkembangan terkini yang terkait dengan kuliahmu, semua layak baca.

Dalam sambutannya, Muda menuturkan, bahwa pada tengah situasi pandemi, UI tetap berbuat pembelajaran secara padat. Teknologi informasi serta komunikasi terus ditingkatkan pemanfaatannya untuk menanggung berlangsungnya proses belajar-mengajar secara daring. Neng Qona’ah pun bukan memungkiri jika Siti memiliki sikap nun baik.

Apalagi petunjuk penyusunan Urusan Akhir Program Magister juga telah diinformasikan sejak jauh-jauh perian. ”Saya berusaha paham kriteria dimaksud beserta baik, sehingga siap menentukan prioritas di belajar dan menyatukan waktu”, jelasnya. Seperti predikat cumlaude, kira para wisudawan, nama itu sebenarnya ialah tanggung jawab roh, yang harus dibuktikan bahwa yang turut serta benar-benar memiliki tenaga sangat bagus, oleh karena itu pantas menyandang nama cumlaude. Oleh olehkarena itu itu, kita mesti jujur menilai bangun kita sendiri, apakah kita memang terampil menyandang predikat serupa wisudawan dengan nama cumlaude. Ini semata menjadi syarat telak bagi para pencari program beasiswa pasca sarjana dalam serta luar negeri.

Penerbitan sarjana termuda kesempatan ini diraih Lukitawesa daripada fakultas Teknologi Agraria, program studi teknologi pangan dan dampak pertanian yang makbul menjadi sarjana di usia 20 tahun 11 bulan. “Dari 15 yang IPK-nya diatas 3 tersedia enam mahasiswa dengan berhasil lulus secara predikat cumlaude secara IPK lebih daripada 3, 5, ” terang Kepala Humas dan Informasi UGM, Suryo Baskoro. Melakoni kuliah di ruang biru semester baru, Tri meraih senarai prestasi 4, 0. Orangtua tidak tau kalau dirinya wejangan dengan biaya otonom. Soalnya kalau hamba berbicara terus tegas pasti orangtua kepikiran, ” kata Tri yang berasal daripada Tulangbawang Barat. Rampung semester pertama, prosesi kuliah gadis kelahiran Abung Timur, 11 Desember 1994 itu tak berjalan selesai.

Mahasiswa cumlaude

Kemudian dari sisi mahasiswa, diakui Darlis, departemen selalu mendukung untuk peningkatan kemampuan baik softskill maupun hardskill. Dengan memberikan fasilitas untuk terus berprestasi bukan hanya akademik namun nonakademik juga. ”Karena untuk mendapatkan predikat cumlaude itu tidaklah mudah, mahasiswa telah membuktikan bahwa mereka sangat mampu, ” ujarnya. Ia menyebutkan, dari 326 mahasiswa yang diwisuda adalah FKIP berjumlah 132 orang. Lalu, Fakultas Ekonomi 76 orang, Fakultas Teknik 58 orang, Fakultas Ilmu Adminitrasi 66 orang, Pertanian 44 orang, Hukum 27 orang dan Diploma Teknik 5 orang. Ia menyebutkan, jika memperhatikan rata-rata IPK dan masa studi lulusan terjadi penurunan.