Cara orang tua dan anak berkomunikasi dengan baik

5 Cara Agar Anak Mau Makan

• Jadwal makan disesuaikan dengan waktu lapar dan pengosongan lambungnya. Perhatikan juga jarak waktu pemberian makan, supaya anak tidak diberi makan ketika masih kenyang. Pada anak yang masih menyusui, biasanya akan menampakkan keengganan menyusu, kadang-kadang disertai regurgitasi (gumoh/tumpah) dan muntah. Pada bayi yang sudah mendapatkan makanan tambahan selain ASI, biasanya akan melepeh dan menyemburkan makanan.

Jangan berikan anak minuman yang memiliki rasa manis, karena membuat ia semakin kembung. Dari penelitian multisenter IDAIa yang dilansir dari website, ada banyak sebab anak menjadi GTM. Diantaranya karenainappropiate feeding practice, perilaku makan yang tak benar atau pemberian makanan yang tidak sesuai usia. Melihatmu menikmati makanan dan menyebutkan jika makanannya enak, balita pun akan lebih semangat menyantap makanannya. Makan bersama juga membuatmu mudah mengawasi balita serta mengajarkannya disiplin untuk makan dengan tenang di depan meja.

Tips agar anak mau makan dengan lahap

Jadi, usahakan untuk tidak menonton television atau ada anggota keluarga lain yang sedang beraktivitas khusus yang mampu memecah perhatiannya dari makanan. Apabila ada sesuatu yang lebih menarik perhatiannya, tentu saja mereka tidak akan mampu untuk duduk sopan di meja makan. Hal itu diakibatkan perut tidak enak, gigi tumbuh, sampai tidak menyukai makanan yang dihidangkan. Sahabat ninety nine bisa membentuk nasi seperti hewan dan gunakan lauk serta sayur sebagai pemanisnya.

Selain itu, orangtua juga mungkin merasa khawatir jika hal ini terjadi secara terus menerus. Jangan sampai nafsu makan yang rendah ini menyebabkan perkembangan anak 6-9 tahun terganggu. Lalu, cara apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak agar tidak susah makan?

Anak senang bila menemukan momen untuk berkata “tidak”, termasuk saat diajak makan. Sering ditemui anak-anak terbiasa ada jatah uang untuk jajan bahkan dengan nominal yang besar. Dampak yang lebih bahaya adalah, anak menjadi boros dan memiliki pemahaman apapun yang diinginkan bisa dipenuhi. Penting sekali memahamkan pada anak bahwa hidup itu perjuangan. Terkadang anak tidak mau makan karena sakit demam atau sariawan.